Senin, 02 Januari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) SMA Kelas X Semester II


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMA
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / Semester II
Mata Pelajaran            : FISIKA


Standar Kompetensi
   3.  Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik.

Kompetensi Dasar
  3.1  Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif.

Indikator
1.      Mendeskripsikan fungsi dan bagian alat optik mata dan kacamata, mikroskop, dan teleskop.
2.      Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum.
3.      Menganalisis pembentukan bayangan pada kaca mata, lup, mikroskop, dan teleskop.
4.      Menentukan kekuatan lensa kacamata pada penderita miopi dan hipermetropi.
5.      Menghitung perbesaran lup, mikroskop, dan teleskop.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian cermin.
2.      Menjelaskan cara menentukan bayangan benda pada cermin datar.
3.      Menyebutkan sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar.
4.      Menyebutkan sifat pemantulan oleh cermin cekung.
5.      Melukiskan bayangan yang terbentuk oleh cermin cekung.
6.      Menjelaskan hubungan antara jarak benda dan jarak bayangan pada cermin.
7.      Menjelaskan pengertian perbesaran linear.
8.      Menjelaskan efek posisi benda pada sifat bayangan yang dihasilkan cermin cekung.
9.      Menyebutkan sifat pemantulan sinar-sinar utama pada cermin cembung.
10.  Membedakan karakteristik bayangan yang dihasilkan cermin cekung dan cembung.
11.  Menjelaskan pengertian lensa.
12.  Membedakan lensa cembung dan lensa cekung.
13.  Menyebutkan arah pembiasan sinar-sinar utama pada lensa cembung.
14.  Menjelaskan hubungan antara jarak benda dan jarak bayangan pada lensa.
15.  Menentukan perbesaran bayangan yang dihasilkan oleh lensa.
16.  Menjelaskan efek posisi benda terhadap bayangan yang dibentuk lensa cembung.
17.  Menyebutkan arah pembiasan sinar-sinar utama pada lensa cekung.
18.  Membedakan karakteristik bayangan yang dihasilkan lensa cembung dan cekung.
19.  Menjelaskan pengertian daya lensa.
20.  Menjelaskan hubungan antara kelengkungan dan jarak fokus lensa.
21.  Menjelaskan pengertian alat optik.
22.  Menjelaskan fungsi bagian-bagian mata.
23.  Menjelaskan pengertian daya akomodasi.
24.  Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum.
25.  Membedakan mata normal, rabun jauh (miopi), rabun dekat (hipermetropi), dan mata tua (presbiopi).
26.  Menentukan jangkauan daya akomodasi mata.
27.  Menjelaskan pembentukan bayangan pada kamera.
28.  Menjelaskan pembentukan bayangan pada kaca pembesar (lup).
29.  Menjelaskan pembentukan bayangan pada mikroskop.
30.  Menjelaskan pembentukan bayangan pada teleskop.
B. Materi Pembelajaran
            Pembentukan Bayangan

C. Metode Pembelajaran
1.      Model     : - Direct Instruction (DI)
                                     -  Cooperative Learning
               2.  Metode :   -  Diskusi kelompok
                                     -  Observasi
                                     -  Ceramah

D.    Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
-      Sebutkan sifat bayangan yang dibentuk cermin datar.
-      Bagaimana menentukan perbesaran linear pada cermin cekung?
·         Prasyarat pengetahuan:
-      Bagaimana menentukan bayangan benda pada cermin datar?
-      Apakah yang dimaksud dengan perbesaran linear?

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian cermin.
·         Peserta didik memperhatikan cara menentukan bayangan benda pada cermin datar yang disampaikan oleh guru.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan sifat-sifat bayangan yang dibentuk cermin datar.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan jarak bayangan benda pada cermin datar yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pemantulan cahaya oleh cermin cekung.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan sifat pemantulan oleh cermin cekung.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara melukis bayangan yang terbentuk oleh cermin cekung.

·         Peserta didik memperhatikan hubungan antara jarak benda dan jarak bayangan pada cermin yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian perbesaran linear.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan perbesaran bayangan pada cermin cekung yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai efek posisi benda pada sifat bayangan yang dihasilkan cermin cekung.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pemantulan cahaya pada cermin cembung.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan sifat pemantulan sinar-sinar utama pada cermin cembung.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan karakteristik bayangan yang dihasilkan cermin cekung dan cembung.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan perbesaran bayangan pada cermin cembung yang disampaikan oleh guru.
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan perbesaran bayangan pada cermin cekung dan cermin cembung untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


Untuk lebih lengkapnya silahkah download KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar